Ini neh alasan Kenapa Orang pada doyan Selingkuh!

heartPerselingkuhan adalah hubungan seksual di luar perkawinan. Dapat terjadi singkat atau lama, dengan tingkat keterlibatan emosional yang rendah atau tinggi.

Pada sebagian besar kasus, istri/suami pelaku tidak mengetahui tentang perselingkuhan tersebut dan tidak memberikan persetujuan.

Berikut ini 8 alasan tersering orang berselingkuh

  • Pelarian emosional dari pasangannya.
  • Rasa ingin tahu tentang seperti apa sih seks dengan orang lain yang bukan pasangannya.
  • Kemarahan atau permusuhan yang terpendam terhadap pasangannya.
  • Keinginan untuk melakukan lebih banyak hubungan seks – atau melakukan jenis seks yang berbeda– ketimbang yang didapat dari pasangannya.
  • Dorongan ego
  • Ketidakmampuan membentuk komitmen yang dalam.
  • Menghindar dari masalah perkawinan atau pribadi.
  • Untuk menghilangkan rasa sakit akibat kehilangan, sebagai contohnya kematian orang yang dicintai atau anak yang pergi sekolah di tempat lain.

Jenis Perselingkuhan

Berapa seringnya perselingkuhan? Survei di Amerika menemukan bahwa sekitar 25 sampai 50 persen lebih dari semua pasangan yang menikah memiliki hubungan gelap di luar pernikahan.

Perselingkuhan lebih sering terjadi di jaman sekarang dibandingkan generasi masa lalu. Jelas, karena konsekuensi yang lebih kecil bagi pelakunya. Ketidaksetiaan dalam perkawinan, terjadi mulai dari “pertemuan satu malam” sampai percintaan seumur hidup.

Terdapat perbedaan besar antara kedua ekstrim tersebut, tetapi pada umumnya perselingkuhan dapat dibagi menjadi dua kategori luas: perselingkuhan dengan keterlibatan emosional rendah dan perselingkuhan dengan keterlibatan emostonal tinggi.

Jenis perselingkuhan yang dipilih pria dan wanita berbeda dalam hal implikasi dan konsekuensinya bagi orang tersebut dan bagi perkawinan.

Perselingkuhan dengan Keterlibatan Emosional Rendah

Perselingkuhan dengan keterlibatan emosional rendah adalah bentuk ketidaksetiaan yang paling sering. Pertemuan mungkin mengambil bentuk la mattine, yaitu perselingkuhan di antara pria/wanita bekerja yang menggunakan jam makan siang untuk berkencan. Tetapi hubungan seperti itu tidak mendalam dan bermakna, entah berapa kali pun mereka bertemu.

Pertukaran perasaan -bukan waktu yang dihabiskan bersama- menentukan sifat sesungguhnya suatu perselingkuhan.

Pertemuan satu malam (one-night stand) adalah bentuk khusus perselingkuhan dengan keterlibatan rendah. Salah seorang atau kedua pelakunya menganggap seks sebagai permainan energetik. Mereka mungkin sering melakukan one-night stand, dengan menggunakan kesempatan, misalnya, dalam perjalanan bisnis. Atau mungkin menuruti kata hatinya kadang-kadang saja, dengan menganggap seks di luar pernikahan tidak memiliki perbedaan moral seperti minum anggur atau makan terlalu banyak. One-night stand biasanya memiliki sedikit pengaruh emosional, kecuali mungkin rasa bersalah.

Yang terjadi pada perselingkuhan dengan keterlibatan rendah adalah: Tidak menjadi “serius.”

Risiko yang mungkin terjadi adalah: Tertangkap oleh pasangan resminya, terlibat dengan seseorang yang ternyata terlalu obsesif, dan menderita penyakit menular seksual —yang juga merupakan bahaya dan perselingkuhan dengan keterlibatan yang tinggi.

Risiko lain adalah pelaku mungkin saling jatuh cinta dan ingin meningkatkan hubungan mereka ke tingkat yang lebih serius, apalagi jika pelaku memiliki perkawinan yang tidak bahagia dan mungkin mencari jalan keluar dari perkawinannya.

Perselingkuhan dengan keterlibatan emosional tinggi

Kedua pelaku perselingkuhan cocok secara seksual, emosional, dan intelektual. Mereka berada dalam perselingkuhan dengan keterlibatan emosional tinggi.

Dugaan konvensional untuk perselingkuhan dengan keterlibatan emosional tinggi adalah hubungan tersebut mengikuti siklus: sangat tergila-gila kepada orang baru, penurunan nafsu yang relatif cepat, kekecewaan, dan akhirnya bubar. Sebagian perselingkuhan cocok dengan model tersebut, terutama karena beban emosional yang sangat besar untuk menjalani dua kehidupan.

Mereka mungkin memulainya sebagai perselingkuhan dengan keterlibatan kecil dan meningkat saat mengembangkan perasaan kuat satu sama lain. Beberapa perselingkuhan terkadang bisa berjalan bersama perkawinan yang baik. Mereka merasakan perlekatan erotik yang kuat dan keakraban yang lebih menyenangkan dan lama.

Perselingkuhan dengan keterlibatan tinggi lebih jarang terjadi dibandingkan perselingkuhan dengan keterlibatan rendah karena alasan yang jelas, yakni: Sulit bagi sebagian besar orang yang telah menikah untuk mencuri waktu lebih dari beberapa jam dalam seminggu. Walaupun banyak orang mungkin memimpikan grand amour, mereka terkadang tidak dapat menemukan waktu untuk melakukannya. (zrp/Man’s Body Sexual Fantasies)

~ oleh lintasdunia pada Mei 27, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: