Popularitas Ditentukan Oleh Gen?

TEMPO Interaktif, MIchigan:Ahli studi Genetika Universitas Michigan, Alexandra Burt, menemukan bahwa remaja bakal lebih populer jika membawa gen yang cenderung melanggar aturan. “Gen bakal mempengaruhi Anda untuk berperilaku tertentu, dan perilaku itu yang memicu berbagai jenis reaksi sosial dari orang lain,” ujarnya seperti dilansir Health News belum lama ini. Sehingga, yang terjadi adalah gen memandu Anda dalam berinteraksi sosial.

Untuk mendukung teorinya, Burt fokus pada gen yang mempengaruhi tingkat serotonin dalam otak saat mengirim pesan. Pada awal studinya, dia menemukan bahwa pria pada usia sekolah yang membawa gen varian G lebih populer ketimbang pria yang membawa gen varian A.

Dia mencatat, melanggar aturan adalah perilaku yang terkait dengan popularitas di kalangan remaja laki-laki. Perilaku ini terhubung pada tingkat serotonin yang tinggi dalam otak. Adapun studi ini melibatkan Lebih dari 200 pria perguruan tinggi dengan usia rata-rata 19, dan dibagi dua kelompok.

Grup pertama, berencana menggelar pesta dengan anggaran yang ketat. Sementara, grup kedua, merencanakan pesta tanpa batas. Kemudian, setelah sesi perencanaan, setiap individu menilai seberapa populer teman mereka. Dan, mereka juga memberi sampel DNA.

Hasilnya, setelah menganalisis perilaku mereka, Burt melihat bahwa remaja yang melanggar aturan-cenderung digolongkan sebagai orang populer. “Jadi gen mempengaruhi mereka untuk melanggar aturan, dan perilaku itu membuat lebih populer,” kata Burt.

Menurutnya, susunan genetik memang tidak menganugerahkan popularitas. Untuk itu ada faktor lain yang memutuskan. Lebih jauh, studi ini merupakan kandidat yang bakal muncul pada April 2009, di Journal of Personality and Social Psychology.

~ oleh lintasdunia pada Juni 1, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: