6 Cara Mudah Untuk Menghindari Kecanduan Makan

Jangan biarkan kata-kata kecanduan menghantui Anda. Para ahli sepakat bahwa kecanduan pada makanan tertentu sudah pasti berbeda dengan kecanduan terhadap alkohol dan obat-obatan. Anda masih dapat mengendalikan diri terhadap makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini merupakan saran bagaimana mengurangi kecanduan terhadap makanan:

Porsi yang lebih kecil
Sebenarnya, secara alami tubuh kita dapat memberikan peringatan kepada kita untuk berhenti makan. Tapi terkadang, kita mengabaikan peringatan tersebut dan tetap melahap makanan sampai habis. Hal ini disampaikan oleh Mark Gold, MD, seorang kepala bagian ketergantungan obat dari University of Florida College of Medicine. Jadi, untuk menghentikan kebiasaan buruk itu, mulailah menggunakan piring atau mangkok yang berukuran lebih kecil. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka otak akan terbiasa dengan porsi ‘sedikit’ tersebut sehingga napsu makan pun berkurang.

Kurangi konsumsi makanan/minuman yang manis
Ganti gula dengan saus, roti, crackers, dan semua makanan yang tidak manis atau sedikit mengandung gula. Jika lidah sudah terbiasa dengan makanan tersebut, maka kue, permen, dan panganan manis lainnya pun akan jadi tidak menarik bagi Anda.

Jangan biasakan perut kosong
Mereka yang melakukan diet secara berlebihan pada umumnya akan makan lebih banyak pada akhirnya. Jadi jangan pernah biarkan perut anda dalam keadaan kosong, agar makanan yang dikonsumsi tidak berlebih.

Lakukan kegiatan
Olahraga sesungguhnya dapat merubah biokimia tubuh, membantu memperbaiki ketidakseimbangan psikologi yang mengarah kepada kecanduan makan. Sebagai bonus, menyediakan waktu untuk berolahraga juga berarti kita mengurangi waktu untuk tidak makan.

Cari cara lain untuk mengatasinya
Seperti halnya pecandu narkoba dan alkohol yang kerap mengonsumsi kembali barang-barang tersebut jika tidak dibantu oleh terapis, para pecandu makan pun akan kembali ke makanan. Oleh sebab itu, daripada lari atau menghindar dari perasaan ingin makan berlebihan, lebih baik minta bantuan kepada terapis atau kelompok yang mengalami masalah yang sama

Hindari Sumber Masalah
Sama halnya dengan para pecandu narkoba dan alkohol, mereka akan kembali ke tempat yang mudah untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Jadi, jika Anda tergila-gila pada tortilla chips, maka hindarilah restoran Meksiko. Jika donat merupakan kelemahan Anda dan setiap hari Anda selalu melewati toko donat, maka carilah jalan lain dimana tidak akan ada toko donat disana. Atau apabila Anda penggila es krim dan tv saluran kesayangan menayangkan iklan es krim, maka alihkan perhatian pada buku yang tengah dibaca.

Sumber: Prevention Indonesia

~ oleh lintasdunia pada Juni 3, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: