10 Tips Minta Naik Gaji

Naik gaji? Wah memang impian bagi semua karyawan, karena gaji alias salari yang kita terima merupakan kepuasan tersendiri terhadap hasil kerja kita. Sebab apa yang kita peroleh tersebut merupakan penghargaan dari kerja keras kita. Tapi untuk minta naik gaji kepada atasan, ah itu jadi sesuatu yang sangat sulit. Nah berikut, sepuluh tip jitu yang bisa anda lakukan agar bisa sukses ‘mempengaruhi’ bos dan bisa memberi kepada Anda kenaikan gaji. 1. Bersikaplah Persuasif. Memang sangat susah untuk bisa menjelaskan kepada bos agar gaji kita naik. Namun, semua itu bisa dilakukan dengan pendekatan yang persuasif sehingga bos bisa percaya ke anda. Lakukan dengan hati-hati agar hubungan dengan bos tidak terganggu. Namun, bila anda sudah bisa memberi penjelasan sehingga bisa ditanggapi, tentunya kemungkinan bakal naik gaji juga sangat besar. 2. Berangan-angan sangat tinggi, namun tetap realistik. Banyak peneliti yang menemukan adanya korelasi antara orang yang suka mendengarkan aspirasi dengan kemampuan untuk bernegosisasi. Pada waktu yang besamaan, anggaplah bos kita mempunya pikiran yang sama dengan kita, sehingga sangat realistis bila bos akan menyetujui keinginan anda. 3. Mulailah dengan cara yang benar. Untuk menjadi persuasif, anda bisa memulainya dengan terus mendengarkan apa yang diinginkan oleh bos termasuk pandangan-pandangannya. Sehingga pada saat bersamaan, apa yang dipikirkan oleh bos juga sama dengan yang anda pikirkan, di saat ini anda bisa membicarakan keinginan itu. 4. Klarifikasikan keinginan Anda. Kompensasi yang anda ajukan harus benar-benar sesuai dengan apa yang anda berikan. Jadi jangan hanya membicarakan hal-hal seputar gaji saja, tapi juga bicarakan apa yang sudah dan akan anda berikan, dan kenapa harus naik gaji. 5. Antisipasi keinginan mereka. Sama seperti anda, setiap atasan selallu butuh ketenangan dan kepuasan. Makanya, anda juga harus bisa memberikan kepuasan kepada mereka dengan selalu memberikan ide-ide segar.

6. Ciptakan banyak opsi. Ikutilah banyak kegiatan brainstorming yang memang sangat efektif untuk mengasah ide-ide kita. Dengan Brainstorming, kemungkinan kita untuk bisa menemukan ide-ide baru juga sangat besar.

7. Fokuskan pada kriteria yang dituju. Dengan tujuan yang jelas, kemungkinan seluruh ide-ide anda akan diterima oleh banyak pihak juga sangat besar, karena di sampaikan dalan forum yang pas, termasuk keinginan anda untuk naik gaji.

8. Pikirkan beberapa alternatif. Bila suatu anda tidak bisa ‘mempengaruhi’ bos tentang keinginan tersebut, tentunya anda juga harus punya rencana lain, katakakanlah sebagai Plan B agar rencana anda itu bisa sukses.

9. Persiapkan matang-matang keinginan Anda tersebut. Persiapan memang sangat penting untuk anda, terutama agar negosiasi dengan bos bisa sukses. Jadi persiapan yang perlu dilakukan seperti di atas, merupakan hal yang sangat penting agar usaha anda tidak sia-sia.

10. Review ulang. Ini memang salah satu aspek paling penting dalam mengembangkan setiap rencana. Review ulang bila kemungkinan untuk berhasil sangat kecil.

Namun, bila berhasil dalam bernegoisasi, lakukanlah langkah selanjutnya dengan melaksanakan tujuan anda. Meski langkah-langkah ini bukan patokan yang pasti, minimal anda perlu berusaha, kan?(perempuan.com)

~ oleh lintasdunia pada Juni 5, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: