4 Langkah Menjadi Populer di Tempat Kerja

Selama bertahun-tahun kita telah mendengar bahwa lebih penting untuk dihargai daripada disukai. Tapi, penelitian demi penelitian membuktikan bahwa kearifan konvensional tersebut salah. Sebaliknya penemuan menunjukkan bahwa jalan menuju sukses sering kali merupakan serangkaian kontes kepopuleran. Penelitian di Universitas Columbia menunjukkan bahwa pekerjaan, kenaikkan gaji dan promosi labih condong diberikan berdasarkan pada karyawan yang memiliki karisma dibandingkan background pendidikannya atau kualifikasi profesionalnya. Firma penempatan karyawan Challenger, Gray dan Christmas menemukan bahwa selama proses penurunan, perekrutan dan pemberhentian keputusan didasarkan pada seberapa baik seseorang itu disukai oleh supervisor mereka. “Tidak cukup bila hanya mengerjakan pekerjaan dengan baik; anda harus menjadi orang yang disukai oleh yang memperkerjakan anda,” kata presiden dari perusahaan Challenger James Challenger. Kabar baiknya adalah kemampuan untuk disukai adalah keahlian yang dapat dipelajari. Setelah dua tahun dan seperempat juta halaman penelitian, Tim Sanders, pelatih kepemimpinan di Yahoo! dan penulis dari “Faktor Kemampuan Untuk Disukai”, telah membuka kunci rahasia untuk memiliki kepribadian yang memiliki magnet. “Ketika seseorang bertemu dengan anda, mereka secara tidak sadar akan bertanya pada diri mereka sendiri empat pertanyaan yang menentukan tingkat seberapa disukainya anda,” Sanders menjelaskan. “Pertama, mereka mencari keramahan. Kemudian, mereka akan bertanya pada diri mereka apakah anda memiliki keterkaitan dengan mereka. Selanjutnya, mereka menimbang-nimbang apakah anda memiliki empati pada mereka. Terakhir, mereka bertanya pada diri mereka apakah anda “nyata” – yaitu, otentik dan jujur. Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah iya, maka anda akan mendapat faktor disukai yang tinggi. Untuk menaikkan faktor kemampuan anda untuk disukai, Sanders memberikan empat langkah: Langkah Satu: Tingkatkan Keramahan-tamahan Anda Keramahan anda merupakan kemampuan anda untuk mengkomunikasikan keterbukaan anda dan menyambut orang lain. Usahakan untuk menyapa orang dengan ceria, sering memberikan senyuman dan miliki pola pikir yang ramah yang anda sampaikan melalui komunikasi dengan bahasa tubuh dan kata-kata yang positif. Langkah Dua: Tingkatkan Rasa Keterkaitan Anda Rasa keterkaitan anda menyangkut hubungan anda dengan minat, keinginan, dan kebutuhan orang lain. Semakin anda terkait dengan orang lain, semakin orang akan menyukai anda. Rasa keterkaitan memiliki 3 tingkat:

# Kontak. Yang tak selalu terjadi adalah, tingkat kemampuan untuk disukai akan meningkat dengan “fungsi jarak”, seperti duduk disebelah seseorang disuatu pesta atau tinggal berdekatan.

# Minat yang Sama. Memiliki minat atau pengalaman yang sama membuat seseorang merasa memiliki kesamaan dan membangkitkan rasa kebersamaan dan penghormatan.

# Nilai. Rasa keterkaitan lebih kuat ketika nilai yang anda miliki sesuai dengan apa yang orang lain inginkan dan butuhkan. Hal tersebut akan menghasilkan sikap positif dalam pikiran seseorang dan memberikan kontribusi pada daya tarik anda.

Untuk menjadi orang yang memiliki rasa keterkaitan, cari cara untuk terhubung dengan minat dan kebutuhan orang lain. Ketahui apa yang mereka paling inginkan diluar pekerjaan. Perhatikan kebutuhan emosional mereka dan bersedialah untuk memberikan respon.

Langkah Tiga: Tunjukkan Empati
Empati anda mencerminkan kapasitas anda dalam melihat sudut pandang orang lain dan merasakan apa yang orang lain rasakan. Ketika anda terhubung dengan perasaan orang lain, dan mereka percaya bahwa anda “bersama mereka”, hal itu akan mengantarkan suatu pelukan yang bersifat psikologis. Tanyakan pada diri anda, apakah saya:

# Tahu orang tersebut memikirkan situasi kehidupannya akhir-akhir ini?

# Mengerti apa rasanya melakukan pekerjaan orang lain hari demi hari — menjaga orang tua di rumah atau mengatur pekerjaan yang berat?

# Berbagi emosi yang sama atas masalah-masalah besar?

Dengan membuat diri anda terbuka secara emosional, hubungan anda dengan orang lain, dan tingkat kemampuan untuk disukai anda, akan meningkat secara drastis.

Langkah Empat: Menjadi Apa Adanya
Keaslian adalah konsistensi antara keyakinan dan tindakan anda. Menjadi jujur pada diri anda dan orang lain, anda harus:

# Lakukan apa yang ingin anda lakukan dalam hidup.
# Hidup dengan tujuan.
# Berpegang pada prinsip-prinsip pekerjaan anda.
# Menjadi orang yang sama diluar maupun dalam diri anda.
# Tepat dan jujur pada orang lain.

Bila anda hidup dengan nilai yang anda miliki, maka perasaan nyata akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika orang menilai anda tidak jujur, maka mereka akan mengabaikan keramahan, rasa keterkaitan, dan empati anda, dan mungkin akan membenci anda.

“Pada dasarnya, kemampuan untuk disukai datang dari membentuk pengalaman emosional pada diri seseorang,” Sanders menyimpulkan. “Ketika anda membuat seseorang merasa baik, mereka cenderung tertarik dengan anda.”

~ oleh lintasdunia pada Juni 5, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: