Bila Putus Cinta di Kantor

Bagi pekerja kantoran, waktu yang dihabiskan di kantor lebih banyak dibandingkan di luar tempat kerja. Tak heran jika kondisi ini memudahkan timbulnya benang cinta diantara sesama rekan kerja. Tapi, bagaimana jika jalinan cinta tersebut kandas?

Di masa kini, sebagian besar orang menghabiskan waktunya lebih banyak di tempat kerja sehingga hampir tidak memiliki waktu untuk bersosialisasi di luar tempat kerja. Oleh karena itu banyak para pegawai yang mencari teman kencannya di tempat kerja. Fenomena ini tentu tidak mengejutkan: kita membagi pengalaman yang sama, bersama-sama melewati situasi yang menantang, dan sering sepulang kerja pergi ke tempat yang sama untuk refreshing sesudah seharian lelah bekerja.

Bagaimanapun juga ada beberapa alasan mengapa seseorang harus melakukan pendekatan dengan rekan sekerjanya secara hati-hati. Salah satu alasan terbesar adalah kemungkinan perkencanan tersebut tidak berjalan mulus atau gagal dan hal ini akan menimbulkan rasa canggung dan tentu saja tidak mudah menghadapinya. Bagaimana anda mengatasi patah hati di tempat kerja tidak lepas dari tingkat kedewasaan anda dan profesionalisme anda sebagaimana anda mengatasi hubungan itu sendiri. Jika anda terlibat percintaan di tempat kerja , berikut ini beberapa hal yang boleh dan tidak boleh anda lakukan untuk membantu anda melewati situasi yang sulit dengan cara yang anggun dan tidak kehilangan gengsi anda.

LAKUKAN
Jaga hubungan baik anda di luar tempat kerja. Sebaiknya anda sudah menerapkan aturan main mengenai apa yang pantas dilakukan di dalam tempat kerja. Artinya anda dan pasangan anda harus menjaga agar hubungan anda berdua tidak diperlihatkan di depan umum dan terapkan hal yang sama bila hubungan anda tidak putus di tengah jalan. Jangan gunakan kantin perusahaan sebagai tempat bercengkerama, jangan gunakan email untuk saling mengirim surat baik menggunakan kata-kata mesra ataupun kata-kata yang tidak pantas. Percakapan ataupun tulisan yang memperlihatkan emosi antara anda berdua hanya akan membuat anda berdua tampak tidak professional dan memancing gossip di tempat kerja anda.

JANGAN LAKUKAN
Jangan mengejek atau bergosip. PAda sebagian besar pada pasangan yang putus, selalu ada saja yang akan memancing di air keruh, yang akan menggosipkan mengenai hal-hal yang tidak baik dari mantan anda kepada teman-teman sekerja lainnya. Jika anda dan pasangan anda memiliki teman-teman ataupun rekan sekerja yang sama, maka aturan berubah. Anda harus menjaga perilaku profesional anda bila mengakhiri suatu percintaan dan ini berarti tidak mengatakan sesuatu yang buruk mengenai mantan anda kepada sesama rekan sekerja anda. Jaga lidah anda dan simpan kritikan ataupun keluhan anda untuk anda ceritakan kepada teman di luar lingkungan kerja anda.

LAKUKAN
Tetap fokus pada pekerjaan anda. Salah satu alasan begitu banyak eksekutif perusahaan dan pegawai personalia tidak menyukai percintaan di tempat kerja adalah dampak pada produktivitas perusahaan. Putus cinta merupakan hal yang sulit dilakukan tetapi jangan biarkan hal tersebut mengganggu konsentrasi kerja anda. Setiap orang pasti pernah menghadapi situasi pribadi yang sulit dan pada waktu yang bersamaan tetap harus bekerja. Bagaimana anda mengatasi masalah anda akan memperlihatkan kepada rekan sekerja yang lain bagaimana konsistensi anda terhadap karir dan keberhasilan perusahaan.

JANGAN LAKUKAN
Jangan memperlihatkan sikap bermusuhan. Rumitnya memiliki teman kencan di tempat kerja adalah kenyataan bahwa sesudah hubungan anda putus, anda tetap harus bertemu dengannya setiap hari kerja. Hal ini membuat putusnya percintaan di tempat kerja bahkan lebih sulit daripada yang lainnya. Yang lebih menyakitkan adalah pada saat anda harus duduk berhadapan dengannya pada rapat bulanan; anda harus berusaha menyingkirkan perasaan pribadi anda dan mengatasi diri anda dengan gengsi dan professional.

LAKUKAN
Kurangi perilaku yang memperlihatkan emosi anda. Emosi akan sulit dikendalikan bila anda patah hati tetapi akan berjalan dengan baik bila anda tetap menjaga untuk tetap menutupinya. Membanting telepon, cemberut atau tiba-tiba menangis sebaiknya anda lakukan di rumah, bukan di tempat kerja.

JANGAN LAKUKAN
Jangan melakukan permainan murahan. Ingat bagaimana sebagai seorang remaja anda biasa menggunakan teman lawan jenis anda untuk membuat mantan anda cemburu? Taktik seperti ini tidak berlaku pada hubungan orang dewasa terutama di tempat kerja. Sebagian besar orang justru tidak akan menghargai sikap anda. Jika percintaan di tempat kerja tidak selalu berakhir dengan happy ending, anda harus sadar bahwa selalu terbuka kemungkinan yang lebih baik bagi anda. Begitu putus cinta, hibur diri anda dan buka diri anda untuk hubungan percintaan yang baru. Dengan demikian anda akan terlepas dari kesedihan yang berkepanjangan!(tabloidova)

~ oleh lintasdunia pada Juni 7, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: