Sering Terlambat ‘Ngantor’? Jangan Gunakan Alasan-Alasan Ini!

Bagi kebanyakan orang, mengetahui bahwa mereka terlambat masuk kerja menimbulkan rasa ketakutan dan sebagai akibatnya, mereka bergerak seperti ada api dikakinya ketika bersiap-siap. Mereka terburu-buru, mengacak-acak, melempar segala sesuatu ke dalam tas dengan kebingungan dan keluar rumah, walaupun dalam keadaan tidak rapi, untuk memastikan masih ada waktu untuk sampai di kantor.

Namun untuk sebagian kecil dari orang-orang, mengetahui bahwa mereka terlambat masuk kerja tidak berarti apa-apa kecuali menstimulasi kekreativitasan mereka dalam membuat alasan terbaru mengapa mereka terlambat, lagi.

Gunakan Imajinasi Anda

Jika anda memutuskan bahwa kejujuran bukan jalan terbaik bagi anda, jangan gunakan alasan-alasan dibawah ini jika anda terlambat, alasan-alasan berikut sudah banyak digunakan sebelumnya.

Berikut ini adalah alasan-alasan yang sangat memalukan untuk digunakan:

1. Pemanas air saya rusak jadi saya harus memanaskan air secara manual.
2. Kunci mobil saya tidak tahu kenapa tidak bisa saya temukan jadi saya harus mencarinya di sekeliling rumah.
3. Saya menginjak kotoran ketika berjalan jadi saya harus kemabli lagi ke rumah untuk mandi.
4. Saya terkunci di kamar mandi karena anak saya.
5. Lampu sinyal kiri saya tidak menyala jadi saya mencari jalan yang berbelok ke kanan untuk sampai di kantor.
6. Ada kecelakaan yang menyebabkan kemacetan panjang.
7. Orang tua saya tidak membangunkan saya.
8. Ban motor saya kempes jadi saya harus menambalnya dulu.

Ikuti Budaya yang Ada di Kantor
Aturan umumnya adalah anda sudah harus berada pada meja anda, mulai bekerja pada waktu yang sudah ditentukan. Secara tekhnis, meskipun anda sudah berada di meja anda “tepat waktu” tapi anda masih menyalakan komputer anda, menyapa teman-teman, dan membuat kopi,
sama artinya anda terlambat.

Walaupun anda sudah berusaha untuk selalu tepat waktu setiap pagi, terkadang lebih aman jika anda mengamati budaya di kantor. Jika anda tiba di kantor dan melihat orang-orang sudah bekerja dengan rajin ketika anda sedang berjalan-jalan terburu-buru, maka keterlambatan anda akan menonjol. Sebaliknya, jika orang-orang masih sibuk berkeliaran tanpa alasan tertentu, mungkin keterlambatan anda tidak akan diperhatikan.

Untuk berada dalam sisi yang aman, usahakan agar anda tepat waktu setiap hari. Atasan, rekan kerja, dan reputasi akan baik kemudian. (perempuan/pit)

~ oleh lintasdunia pada Juni 7, 2009.

Tinggalkan Balasan

 
