Belum Selesai Urusan Malaysia, Timor Leste Ikut Bikin Gara-Gara

Kupang (SuaraMedia News) – Pasukan Pengamanan Perbatasan Indonesia (Paspamtas) protes terhadap pemerintah Timor Leste, yang membiarkan warganya melakuan aktifitas dan pembangunan ditanah sengketa Indonesia-Timor Leste.

Pembangunan pemukiman di tanah seluas lebih dari 1069 meter persegi ini, berada persis di wilayah perbatasan kedua negara, sebelumnya masuk dalam wilayah Desa Naktuka Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Teggara Timur, namun di klaim Timor Leste sebagai bagian dari Distrik Oecusi.

Komandan Paspamtas RI, Letnan Kolonel Infantri Yunianto, yang dihubungi Rabu 10 Juni 2009  mengatakan, karena masih berstatus sengketa maka seharusnya tidak boleh ada warga sipil yang melakukan aktifitas diwilayah itu. “Kenyataannya, secara sepihak warga Timor Leste melakukan aktifitas diwilayah sengketa tersebut,” katanya.

Yunianto mengatakan, mengirim pasukan untuk mengecek keberadaan warga Timor Leste sudah dilakukan dan ternyata benar, lebih dari 21 keluarga, sudah mendiami wilayah itu. “Kami sudah berulang kali menyampaikan protes ke UPF Timor Leste, agar segera mengeluarkan warganya dari lokasi sengketa tersebut,” ujar Yunianto.

Pemerintah Indonesia diharapkan melakukan nota protes mendesak Timor Leste untuk menghargai kesepakatan yang pernah dibangun, dimana zona netral yang masih berstatus sengketa harus dikosongkan dari aktifitas warga sipil.

Sementara Camat Amfoang Timur, Daud Saul Ndaumanu yang dihubungi terpisah mengatakan, warga Timor Leste mulai melakukan aktifitas dikawasan itu sejak tahun 2006 lalu. “Sesuai aturan, wilayah itu tidak boleh didirikan bangunan apapun. Sebab, masih belum jelas statusnya dan masih disengketakan antara NKRI dan Timor Leste,” ujarnya.

Kawasan yang disengketakan, merupakan lahan subur dan merupakan areal persawahan dengan hasil melimpah. Penyerobotan sepihak oleh warga Timor Leste ini apabila tidak dihentikan aka dikuatirkan akan terjadi bentrokan fisik yang melibatkan warga kedua.(vvn) http://www.suaramedia.com

~ oleh lintasdunia pada Juni 10, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: