MALAYSIA: TKI Disiksa dan tak Digaji 3 Tahun

DISIKSA MAJIKAN. Dubes RI untuk Malaysia Da’i Bachtiar menunjukkan foto-foto tenaga kerja Indonesia, Siti Hajar, dalam jumpa pers di KBRI Kuala Lumpur, Senin (8-6). Perempuan asal Garut, Jawa Barat itu kabur karena tidak tahan disiksa majikannya, Hau Yuan Tyng (Michele).
(ANTARA/ADI LAZUARDI)

KUALA LUMPUR (Lampost): Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Garut, Jawa Barat, Siti Hajar, yang sudah bekerja di Malaysia sekitar tiga tahun, lari dari rumah majikannya pada Minggu (7-6).

Perempuan kelahiran 1 Januari 1976 itu kabur karena tidak tahan dengan penyiksaan yang dilakukan majikannya, Hau Yuan Tyng (Michele).

“Dia disiram air panas dan dipukul dengan benda tumpul. Luka terdapat di sebagian besar tubuhnya mulai muka (wajah) hingga kaki,” kata Soneta Asmara, Sekretaris III Bagian Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Kuala Lumpur, ketika dihubungi Lampung Post, Selasa (9-6).

Tidak hanya disiksa, lanjutnya, Siti juga tidak mendapatkan haknya sebagai pekerja. Seharusnya dia memperoleh gaji 500 ringgit per bulan. Oleh sebab itu, KBRI menuntut majikan Siti membayar seluruh gajinya selama 34 bulan senilai 17 ribu ringgit atau Rp48 juta.

Kini TKI dari Desa Limbang Barat RT 02 RW 05 Kecamatan Bl Limbangan, Garut itu masih dirawat di Rumah Sakit Universiti Malaya.

Soneta belum bisa memastikan kapan Siti akan diterbangkan ke Tanah Air. “Kini kami fokuskan pada pemulihan dia,” jelasnya.

Dia menambahkan Siti didampingi perwakilan KBRI telah membuat laporan ke pihak berwajib. Pihak KBRI juga telah memanggil Michele dan agen penyalur TKI yang menempatkan Siti, yakni Agensi Pekerja Venture Provision Sdn. Bhd. yang beralamat di 16/Kucai Maju I, Jalan Kucai Lama, Kuala Lumpur.

Siti bekerja di Malaysia sejak 2006. Ia sempat bekerja sebagai pembantu rumah tangga selama empat hari untuk Lim Hua Siew sebelum akhirnya bekerja untuk Michele. Di rumah majikan keduanya itulah ia mengalami tindak penyiksaan dan kekerasan. (lampung post)

~ oleh lintasdunia pada Juni 10, 2009.

Satu Tanggapan to “MALAYSIA: TKI Disiksa dan tak Digaji 3 Tahun”

  1. Biadap banget neh orang,wah perang hujat indonesia vs malaysia bakal rame lgi neh di dunia maya!hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: