Ribuan Pedagang Nganggur Jika Jembatan Suramadu Beroperasi

Metrotvnews.com, Surabaya: Pembangunan Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) tidak hanya berdampak positif, tapi juga membawa efek negatif. Sekitar delapan ribu orang yang selama ini menggantungkan hidupnya pada dermaga penyeberangan Ujung-Kamal, Surabaya, diperkirakan akan kehilangan pekerjaannya. Ini terjadi karena banyak pengendara yang kemudian meninggalkan Ujung-Kamal dan menggunakan fasilitas Jembatan Suramadu.

Bunadir, Bahri dan Sakimah adalah para pedagang yang selama ini menggantungkan hidupnya pada dermaga penyeberangan Ujung-Kamal. Sudah puluhan tahun Sakimah, pedagang makanan onde-onde, maupun Bunadri, pedagang tahu, membiayai hidup keluarganya dari dermaga ini. Pedagang dan sopir ini mewakili delapan ribu orang yang setiap hari bertahan hidup dari tempat itu.

Sosiolog Universitas Airlangga Surabaya Hotman Siahaan mempertanyakan, mengapa hilangnya mata pencaharian sebagian warga harus terjadi demi memakmurkan Madura? Sebagian pedagang mengatakan, ia akan berdagang di tempat lain yang lebih ramai demi menyambung hidup

~ oleh lintasdunia pada Juni 10, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: