5 Tips Menjadi Istimewa di Tempat Kerja

Lingkungan kerja lebih kompetitif dibandingkan dengan masa sekolah dulu. Jika anda sudah mendapatkan pekerjaan, selamat, anda telah berhasil melewati rintangan yang pertama. Sekarang saatnya anda memastikan diri anda tetap bertahan di saat krisis seperti ini.

Berikut ini adalah lima tips penting yang dapat anda pelajari selama anda bekerja dalam suatu perusahaan:

1. Jadilah orang yang diinginkan setiap orang untuk bekerja sama.

Generasi Y, atau mereka yang lahir kira-kira antara tahun 1978-93, sayangnya memiliki reputasi datang bekerja dengan rasa tergantung dari jatah kerja. Kalahkan persepsi tersebut dengan menunjukkan bahwa anda bersedia untuk melaksanakan tugas dan belajar dari berbagai tugas yang diberikan, memiliki progres dalam karir, dan menjadi seorang yang bisa melakukan apa saja. Jika anda menghadapi penghalang, susun sumber daya anda untuk menguasainya daripada membiarkan kesempatan itu hilang.

2. Lampaui harapan atasan anda.

Cari tahu apa yang atasan anda inginkan dari anda sejak awal, kemudian cari cara untuk melampaui dan melewati panggilan tugas. Anda juga dapat membangun hubungan yang baik dengan cara membuat atasan anda merasa dibutuhkan. Tunjukkan bahwa anda siap dan bersedia untuk dipandu, dan mengikat fakta bahwa anda dengan atasan anda melewati beberapa tahun bersama anda. Pahami nilai kecukupan diri, dan hanya dekati atasan anda dengan masalah atau keluhan yang sudah anda coba atasi sendiri dengan segala cara.

3. Ukir sebuah relung untuk diri anda melalui inovasi.

Tanyakan pada diri anda apa yang perusahaan atau departemen anda butuhkan, dan pikirkan bagaimana anda bisa menggunakan keahlian dan bakat anda untuk melengkapinya.

4. Ambil langkah ekstra untuk membantu orang lain.

Manajemen bola pantai, atau melempar permintaan kepada rekan lain karena itu bukan tanggung jawab anda untuk mengatasinya, itu sudah biasa dalam dunia profesional. Jika seseorang bertanya pada anda dan anda tidak tahu jawabannya, jadikan itu tugas anda untuk mencarinya. Dengan mengerjakan apapun yang anda bisa untuk memastkan departemen atau perusahaan anda dirasakan berada dalam cahaya yang positif, anda akan menambah nilai dan mencolok sebagai anggota tim.

5. Kerumitan mempromosikan pencapaian anda.

Jika anda ingin orang lain melihat anda, anda harus membuat pencapaian anda terlihat. Bagaimana anda berbagi kontribusi anda tanpa dianggap arogan atau sombong? Kuncinya adalah antusiasme. Jika anda menekankan passion anda ketika menjelaskan suatu pencapaian, orang akan berpikir bahwa anda hanya merasa excited. Seseorang yang antusias terlihat sungguh-sungguh, dan sulit untuk bersikap kritis pada seseorang yang sungguh-sungguh.

Tentu saja, saran tersebut tidak hanya terbatas bagi yang baru saja selesai kuliah, tapi tips ini juga berguna bagi anda yang sudah lama bekerja untuk tetap bertahan pada pekerjaan dimasa krisis seperti sekarang ini.(perempuan.com)

~ oleh lintasdunia pada Juni 12, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: