Wajah Rupawan Lebih Beruntung, Benarkah?

Penampilan yang bagus bisa memiliki dampak nyata pada rekening bank pekerja, menurut suatu penelitian oleh Daniel Hamermesh dan Jeff Biddle yang diterbitkan dalam Jurnal Ekonomi Tenaga Kerja. Orang yang memiliki penampilan menarik mendapatkan sekitar 5% lebih banyak dalam penghasilan per jam dibandingkan dengan orang-orang yang bernampilan sedang, yang ternyata mendapatkan 9% lebih banyak dalam penghasilan per jam dibandingkan dengan mereka yang berpenampilan sangat biasa. Ini berarti bila mereka yang berpenampilan sedang memperoleh Rp. 4000.000, mereka yang berpenampilan lebih lagi memperoleh Rp. 4.200.000, maka mereka yang berpenampilan paling kurang menarik akan membawa pulang Rp. 3.640.000. Pekerja yang berpenampilan biasa mungkin juga akan mendapatkan lebih sedikit promosi dibandingkan dengan mereka yang labih mencolok.

Apakah mereka yang berwajah tampan atau cantik lebih berbakat?

Hal itu masih tidak pasti apakah orang-orang berwajah rupawan menerjemahkan penampilan bagus mereka ke produktivitas yang lebih tinggi. Tapi, banyak juga para ahli yang menentang untuk tidak terlalu menekankan nilai terhadap kecantikan dalam dunia kerja, mereka berpendapat bahwa meski penamilan rupawan anda bisa membawa anda sampai ke depan pintu, mungkin hal itu tidak bisa membawa anda lbih jauh.

Seseorang bisa sangat mempesonakan tapi dalam lima menit pertama kesan tersebut dapat hancur jika orang tersebut bertingkah seperti orang sombong atau berkata-kata kotor yang provokatif. Meskipun penampilan adalah hal pertama yang dilihat dari seseorang, tapi penampilan tidak selalu dapat memenangkan kompetensi, interpersonal skill, dan faktor lainnya. Penampilan tidak akan membantu anda menjadi sukses dalam bidang lain dalam hidup, kecuali mungkin pasangan.

Sayangnya, masih ada – secara harfiah – yang lebih cenderung pada penampilan rupawan dibanding kesesuaian dengan kemampuan. Peneliti Markus Mobius dan Tanya Rosenblat menemukan bahwa kepercayaan diri menambah 20% perasaan menarik. Untuk meyakinkan citra yang sedang anda tunjukkan adalah dengan kepercayaan diri, pastikan tubuh anda tidak memperlihatkan kegugupan anda. Jaga punggung anda tetap tegak, angkat kepala, dan buat kontak mata dengan lawan bicara anda.(perempuan.com)

~ oleh lintasdunia pada Juni 12, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: