COOL banget!Mata-Mata Cina Berhasil Bobol Rahasia Pentagon

Inisial seorang petugas dinas di Pentagon yang sebenarnya James W. Fondren , dituduh bahwa dirinya  telah berinteraksi dengan sebuah agen rahasia di Beijing, Cina.’, demikian tutur sebuah harian di Cina Kamis lalu.

Tuduhan yang dilansir dalam sebuah surat kabar tersebut disertai pengakuan dari pihak kantor berita tersebut bahwa Fondren mempunyai hubungan yang erat dengan pemerintah Beijing.

“Saat ini, Fondren benar-benar sedang meleluasakan diri  mensuplai informasi ke pemerintah Cina”, demikian papar harian yang terbit setiap hari kamis tersebut.

Fondren, 62, yang pernah menjabat sebagai wakil direktur sebuah surat kabar untuk Komando Pasukan Angkatan Udara Pasifik AS yang berpangkat Letkol dan berhenti mengabdi pada 1996, bulan lalu telah dituduh membeberkan informasi/dokumen rahasia ke Tai Shen Kuo. Kuo, seorang salesman furniture di New Orleans, berujung dakwaan karena memata-matai AS untuk Beijing dan dijatuhi hukuman  hampir 16 tahun penjara.

Tuduhan surat kabar yang terbit Kamis lalu yang berpihak kepada Pengadilan AS tepatnya di kota Alexandria mengungkap fakta baru tentang hubungan Fondren dan Kuo.

Dua tahun kemudian , Fondren mendirikan sebuah agensi konsultan yang klien satu-satunya yang pernah menyewa jasanya adalah Kuo, warga AS asli Taiwan yang bertempat tinggal di Lousiana dan memiliki 2 perusahaan di AS.

Diberitakan bahwa menurut surat kabar tersebut pula, Fondren telah mengirim surat elektronik/e-mail tahun 1998  yang menyatakan bahwa Kuo menggunakan media ‘mading/majalah dinding’ yang dibuat oleh Fondren demi mengeratkan hubungan pertalian Fondren dengan pemerintah Cina.

Mading tersebut dikabarkan masih ada kaitanya dengan pemerintah AS  dan Taiwan dalam ranah kerjasama militer. Pada tahun 1999, Kuo dan Fondren pergi bersama-sama ke Cina dan bertemu dengan 2 orang agen pemerintah di sana.

Fondren dan salah satu dari orang pemerintahan itu kemudian bertukar alamat e-mail dengan Fondren berjanji bahwa ia  akan memperoleh berita yang menyangkut mekanisme pertahanan dan keamanan AS.

Diberitakan pula bahwa Fondren dan agen pemerintah Cina yang tidak disebutkan namanya dengan jelas bertukar e-mail sebanyak lebih dari 40 antara tahun 1999-2000. Antara bulan Juni 1998 sampai Januari 2000, Kuo telah membayarkan gaji  Fondren sebanyak $ 8,000 yang telah membantu Cina dalam membeberkan informasi tentang AS, hingga sampai dibentuk agensi mata-mata yang dinamai Strategy Inc. Dengan begitu, berarti Kuo dan Fondren adalah partner kerjasama yang terselubung.

Setelah agak beberapa lama, Fondren meninggalkan kerjasama itu dan mencari pekerjaan di departemen Hankam AS. Sebelum itu,tersiar kabar tidak sedap bahwa selama ia bekerjasama dengan Kuo, ternyata Kuo berniat menyesatkan Fondren agar dia berpikir bahwa Kuo adalah agen mata-mata Taiwan untuk Taiwan bukanlah Beijing, yang memang pada kenyataanya Kuo adalah warga negara asli Taiwan. Namun selayaknyalah Kuo setia pada Beijing karena dia dibayar untuk itu, tapi kenyataanya tidak.

Hal ini menyebabkan  kerja Fondren tidak maksimal seperti pada dimaksudkan semula. Setelah masuk dalam daftar pengadilan, pengacara Fondren, Asa Hutcinson,menyatakan bahwa klienya malah tidak ada perasaan bahwa dia telah dikhianati.

“Tuan  Fondren malah berniat dengan tegas untuk mengingkari pernyataan bahwa dia pernah disewa agen pemerintahan RRC atau pemerintahan manapun sebagai mata-mata,” demikian ugkap Hutchinson dalam sebuah percakapan telepon.

Pemerintah Taiwan baru-baru ini mengungkap bahwa tabir agensi mata-mata yang dilakukan oleh Kuo menyebabkan beberapa kerusakan teknis tapi bukanlah termasuk kerusakan primer dan mutakhir dalam tataran teknologi.

Tidak lama lalu, sebuah rahasia AS mengenai nuklir mereka juga bocor, menyebabkan kebingungan di negara Adikuasa tersebut. (id/ust/abc) Dikutip oleh www.suaramedia.com

~ oleh lintasdunia pada Juni 13, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: