GILE BENER!Belanda Bangun Ka’bah Di Gereja!

mekkaDEN HAAG (SuaraMedia News) – Ada pertentangan di kota Dordrecht terhadap sebuah patung yang harusnya diresmikan pada bulan Juli untuk merayakan ulang tahun ke-500 atas kelahiran John Calvin, pendiri Gereja Protestan di Belanda. Karya seni tersebut diduga membuat hubungan antara Calvin dan Islam.

“Het Mekka van Calvijn” (Mekkah Dari Calvin) adalah nama dari karya yang diciptakan oleh seniman Amsterdam, Bekkaoui Aziz, yang adalah keturunan Maroko. Patung itu adalah sebuah kubus berukuran 4 x 4 x 4 meter, seluruhnya terdiri dari kaca yang memantul. Kubus itu nampaknya merujuk kepada Kaaba, bangunan suci umat Islam di halaman Masjid Agung di Mekkah.

Patung kontroversial ditujukan untuk Het Hof, kubus terebut terletak di samping bangunan bersejarah Augustijnen Kerk, di pusat Dordrecht.

Gert de Boon, seorang petugas gereja  mengajukan sebuah keberatan atas karya seni tersebut terhadap kewenangan lokal kemarin. “Calvin tidak ada hubungannya dengan Mekkah, dan tentu tidak dengan Islam. Saya merasakan bahwa ini adalah hal yang provokatif dengan meletakkan karya tersebut sebagai penghubung antara mereka.”

“Jika ada satu tempat yang dihubungkan dengan asal negara Belanda, muktamar gereja nasional dan Terjemahan Negara [di dalam Alkitab], maka lokasi ini adalah tempatnya.

Umat Islam serta Kristen akan tersinggung dengan karya seni, klaim Boon. “Mekkah adalah tempat suci bagi umat Islam. Mereka tidak akan senang dengan melihat Mekkah diperlakukan seperti ini.”

Dia juga berpendapat bahwa objek tersebut jauh terlalu besar untuk ditempatkan di alun-alun dan akan menimbulkan vandalism.

10 Juli 2009 adalah peringatan hari kelahiran ke-500 Calvin. Pentingnya Calvin bagi gereja Belanda sangat besar sehingga budaya Belanda masih di bawah pengaruhnya saat ini. Perdana Menteri Jan Peter Balkenende berkata dalam pidatonya pekan lalu bahwa dia seorang Calvinis.

Boon berharap bahwa sebuah “protes besar” akan berkembang, dari politisi juga. “Para konselor untuk Kristen Demokrat (CDA), Partai Kristen ChristenUnie progresif dan partai Kristen Ortodoks SGP telah menyadari hal tersebut. Saya berharap mereka akan mengambil tindakan.”

Direktur Gerrit Willems dari pusat seni visual di CBK Dordrecht terkejut. “Karya seni yang telah dibuat sebagai pernyataan agama, namun hal itu bukan tujuannya. Seniman itu ingin menegaskan bahwa nilai-nilai seperti kesederhanaan, refleksi diri, kerja keras dan peduli terhadap orang lain tidak eksklusif milik Calvinisme, tetapi juga ada dalam agama lain, seperti Islam.”

Dia secara sinis menolak keberatan yang mengatakan bahwa alun-alun tersebut yang cukup besar dan karya seni itu terlihat tepat di situ. Karya seni itu telah disahkan oleh departemen pemadam kebakaran dan semua badan-badan yang harus terlibat. Selain itu, gedung Nationale-Nederlanden di Rotterdam yang seluruhnya terdiri dari kaca, belum menimbulkan kebakaran.

“Kritik atas karya seni ‘Calvin dari Mekkah’ adalah tidak tepat,” kata Aziz Bekkaoui mengenai karyanya, “Istilah ‘Mekkah dari …’ selama berabad-abad dalam bahasa kami [Belanda] bahasa berarti ‘pusat dari’. ”

“Jika (kotak) ini merupakan Ka’baa, maka Rotterdam, dengan banyak persegi dalam apartemennya, penuh dengan Ka’ba,” kata seniman tersebut, “kotak [Hethof] sendiri adalah persegi.”

“Calvin memiliki pengaruh yang besar sekali di budaya kami,” Aziz menambahkan, “dengan ide-ide progresifnya, ia masih relevan dan penting.” Seniman tersebut mengatakan bahwa Calvin menginspirasi dia.

“Karya seni seharusnya mencerminkan dampak besar yang telah dibuat Calvin pada budaya kita. Karya seni itu harus di Dordrecht, karena tempat itu merupakan pusat dari Calvinisme, atau Mekkah dari Calvinism.”

Judul karya tersebut memiliki dua makna, Aziz mengatakan. Calvin mempunyai pengaruh yang besar pada kita pada banyak budaya lain di dunia. Tetapi faktor-faktor lain dan arus filosofis, juga telah mempengaruhi mereka. “ungkapan ‘di Mekkah dari …’ adalah pengaruh Islam dalam bahasa Belanda kami. Karya ini juga menunjukkan bahwa budaya tidak berdiri sendiri. ”

Karya seni ini rencananya akan dibuka pada hari Jumat, tetapi hal ini telah ditunda, karena izin resminya belum dikeluarkan. Upacaranya direncanakan untuk tanggal 17 Juli.(iw/it/iie) dikutip oleh www.suaramedia.com

~ oleh lintasdunia pada Juni 13, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: